Sirsak Penakluk Berbagai Penyakit

Daun sirsak sudah sejak lama digunakan untuk mengobati demam dikalangan masyarakat Kalimantan dan untuk mengobati penyakit lever di Madagaskar. Kini, dengan semakin banyaknya penelitian yang dilakukan dengan menggunakan teknologi, khasiat daun sirsak untuk mengobati penyakit semakin terungkap, antara lain untuk menghambat pertumbuhan berbagai jenis kanker. Lebih dari itu, daun sirsak juga bermanfaat bagi mereka yang sehat guna menambah kekebalan tubuh.

Kini jumlah orang yang mulai mengkonsumsi daun sirsak untuk kesembuhan dan menjaga kesehatan semakin banyak dan mereka telah membuktikan khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, termasuk kanker dan tumor. Sirsak merupakan tanaman berjenis perdu dengan ukuran tinggi 3-10 meter yang dapat tumbuh di berbagai tipe tanah, namun biasanya kurang baik jika ditanam ditanah dengan aliran udara yang buruk sebab dapat mengakibatkan akar tanaman membusuk.

Semua bagian tanaman sirsak ini ternyata memiliki manfaat dan khasiat, yaitu:

Daun
Bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, antara lain asma, bronkhitis, batuk, diabetes, disentri, demam, gangguan empedu, flu, jantung, hipertensi, gangguan pada pencernaan, infeksi, cacingan, gangguan hati, malaria, reumatik, tumor dan borok.

Bunga
Bunga pohon sirsak mengandung khasiat untuk mengobati penyakit brokhitis dan batuk.

Buah
Khasiat buah sirsak yang telah banyak diketahui masyarakat termasuk mengobati diare, maag, disentri, demam, flu, menjaga stamina dan untuk melancarkan air susu ibu (ASI).

Biji
Tahukah Anda, biji buah sirsak ternyata bermanfaat untuk mengobati sakit penyebab muntah, kepala berkutu dan parasit kulit serta bermanfaat sebagai obat cacing dan insektisida.

Kulit batang
Khasiat kulit batang sirsak yang bermanfaat sebagai obat tradisional alami ini termasuk antara lain untuk mengobati asma, batuk, hipertensi serta obat penenang dan kejang.

Berbagai riset telah dilakukan oleh para ahli terhadap sirsak, termasuk para peneliti dari Universitas Purdue, Indiana, Amerika Serikat. Mereka membuktikan bahwa daun sirsak, yang memiliki nama latin Annonna Muricata ini, ternyata memang benar-benar berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker, antara lain kanker paru-paru, ginjal, pankreas dan usus besar.

Teknik pengobatan kanker yang banyak dikenal adalah kemoterapi, yang dilakukan dengan memasukkan obat tertentu yang mempunyai khasiat untuk membunuh sel kanker. Namun kini kemoterapi dapat digantikan oleh ramuan daun sirsak.

The Journal of Natural Product memaparkan hasil riset sejumlah peneliti dari AgrEvo Research Center, South Carolina, USA, yang mengungkapkan bahwa daun sirsak dapat membunuh sel-sel kanker usus besar hingga 10.000 kali lebih kuat dibanding kemoterapi.

Khasiat tersebut terkait dengan kandungan senyawa aktif acetogenins yang memiliki kemampuan menghambat adenosina trifostat (ATP) yang merupakan sumber energi bagi kanker untuk berkembang. Acetogenins bekerja dengan cara masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding miokondria, sehingga sel kanker dapat berhenti berkembang karena produksi energinya dihentikan. Senyawa aktif acetogenins ini cerdas dan selektif, karena hanya menyerang sel kanker saja dan tidak menyerang sel normal lainnya dalam tubuh. Wah, hebat ya!

No comments:

Post a Comment