Khasiat Buah dan Sayuran untuk Kesehatan dan Diet | Berdasarkan Warna

Sayuran dan buah-buahan sangat penting untuk dimasukkan ke dalam menu diet harian, sehingga kita dapat memperoleh manfaat dengan mengkonsumsinya. Semakin bervariasi jenis sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi, semakin baik hasilnya. Aneka warna yang berbeda didalam sayuran dan buah-buahan memberikan manfaat dalam membangun sistem kekebalan tubuh dengan cara yang bervariasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkombinasikan warna-warna tersebut untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal. 

Sayuran dan buah-buahan sangat penting dikonsumsi sebagai upaya untuk mencegah berbagai macam penyakit. Sayuran mengandung zat antioksidan, mineral dan fitokimia yang dapat menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah, sementara itu buah-buahan membantu dalam membangun sistem kekebalan tubuh.

Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dalam menu diet dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, struk dan kolesterol berlebih. Lebih dari itu, sayuran dan buah-buahan sangat mudah dicerna tubuh karena kaya akan serat sehingga dapat melancarkan proses buang air besar.

Khasiat sayuran dan buah-buahan berdasarkan warnanya:

Hijau: kaya mineral dan vitamin B, baik untuk sistem sirkulasi peredaran darah.

Merah: mengandung likopen yang membantu mencegah penyakit prostat dan dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Oranye: mengandung karotenoid yang dapat mencegah kanker. Selain itu, vitaminnya dapat membantu penglihatan di malam hari.

Hijau-Kuning: kombinasi warna ini dapat mengurangi resiko terkena katarak, penyakit mata macular degeneration dan osteoporosis.

Putih-Hijau: kombinasi warna ini mengandung zat anti virus, anti bakteri dan anti jamur.

Merah-Biru-Ungu: kombinasi warna ini mengandung antioksidan yang kuat yang dapat melindungi jantung dengan cara memperbaiki sistem sirkulasi dan mencegah pembekuan darah.

No comments:

Post a Comment